Selasa, 17 Agustus 2010

PANGAN DAN GIZI (oleh Yoyoh Rohayati, S.TP)

Pangan dan Gizi (oleh : Yoyoh Rohayati, S.TP)

pengantar
:
Pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang penting, semakin maju suatu bangsa, tuntutan dan perhatian terhadap kualitas pangan yang akan dikonsumsi semakin besar. tujuan mengkonsumsi pangan bukan lagi sekadar mengatasi rasa lapar, tetapi semakin kompleks. konsumen semakin sadar bahwa pangan merupakan sumber utama pemenuhan kebutuhan zat-zat gizi seperti, protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu dewasa ini konsumen lebih selektif dalam menentukan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Salah satu pertimbangan yang digunakan sebagai dasar pemilihan ialah faktor keamanan makanan.
Seiring dengan perkembangan zaman, banyak orang yang tidak dapat menyiapkan sendiri makanan yang akan dikonsumsi. Dengan demikian mereka tergantung pada pelayanan jasa boga atau produsen untuk memenuhi kebutuhan makanannya. atas dasar hal tersebut sebagai produsen pengolahan makanan semakin memiliki tanggung jawab yang besar dalam menyediakan produk pangan yang berkualitas, enak, kompetitif dalam harga dan aman untuk dikonsumsi. Sehingga kasus keracunan, atau kasus timbulnya penyakit karena mengkonsumsi makanan yang kemanannya tidak terjadi. atas dasar hal tersebut, maka pengetahuan tentang pangan dan gizi sangat penting bagi setiap produsen untuk menghasilkan produk pangan yang berkualitas dan aman untuk dikonsumsi.

Komponen-Komponen Bahan Pangan Hasil Pertanian meliputi :
  1. air
  2. karbohidrat
  3. Protein
  4. Lemak dan Minyak
  5. Vitamin
  6. Mineral
  7. enzim
  8. zat-zat pigmen
  9. zat flavour
  10. zat aditive
setiap komponen tersebut diatas, tersusun sedemikian rupa sehingga setiap bahan memiliki sifat-sifat khas, seperti : bentuk, warna, plavour, tekstur, nilai gizi, daya tahan simpan dan lain-lain.

1. AIR

Nama sistematik : Air (water)
Nama lain : Aqua, dihidrogen monoksida, hidrogen hidroksida
rumus molekul : H2O
BM : 18,0153 g/mol
Titik lebur : 00 C
Titik didih : 1000 C (3730 K) (2120 F)

air merupakan zat gizi yang sangat penting bagi tubuh, dan merupakan komponen utama dari semua struktur sel dan merupakan media untuk kelangsungan proses metabolisme dan reaksi kimia dalam tubuh.

wujud air : padat, cair, dan gas

Sifat Fisik air : tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa( 1 bar) dan suhu 273,15 K (00 C)


Peranan Air Dalam Bahan Makanan
  • komponen penting karena dapat mempengaruhi penampakan, tekstur, dan citarasa pangan.
  • sebagai bahan pelarut yang penting (pelarut universal), yang memiliki kemampuan untuk melarutkan zat kimia , garam-garam, gula, asam dll.
  • berperan dalam memenuhi kebutuhan air bagi manusi, terutama air dalam bahan pangan berupa buah, sayuran, daging atau susu (tubuh manusia terdiri atas kandungan air sekitar 65 % atau 47 liter/ orang dewasa, 2,5 liter harus diganti dengan air yang baru { 1,5 liter dari air minum dan 1 liter berasal dari bahan yang dikonsumsi}).
kriteria air yang dapat digunakan dalam pengolahan makanan adalah :
  • kriteria kimiawi dan fisik, dilakukan melalui analisis kimiaawi air untuk mendeteksi kemungkinan terdapaat bahan-bahan kimia yang bersifaat raacun
  • kriteria bakteriologi, diperlukan untuk mendeteksi kemungkinan terdapatnya organisme yang merupakan petunjuk adanya pencemaran kotoran atau tinja (feses)
  • kriteria radiologis. mensyaratkan bahwa sisa-sisa radioaktif tidak boleh ada sama sekali.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar